Perusahaan Telekomunikasi terbesar.

Juli 2013, tepat sebulan gw bekerja disalah satu perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia. Kalo gw nulis blog ini di Juli 2016, berarti udah 3 tahun lalu. Time flies. Perusahaan ini nantinya akan menjadi tempat terakhir gw bernaung sebelum kembali menjelajah. Kenapa  menjelajah lagi?. Akan gw jelasin di paragraf selanjutnya.

Menjelajah. Diambil dari kata dasar jelajah yang berarti menelusuri atau bepergian atau mengunjungi sebuah tempat. Sebelum kerja di tahun 2013, sebenernya gw udah lulus kuliah di tahun 2012 tepatnya bulan Agustus. Dikarenakan gw yang terlewat lebay dalam menghadapi Sidang Akhir, gw memutuskan untuk tidak bekerja dan tidak akan mencari kerja sampai gw di wisuda. Kebetulan waktu itu gw juga bertanggung jawab disalah satu organisasi X (klik). Dan entah kenapa keputusan gw didukung sama kedua orang tua gw. Ibarat dikasih hati minta jantung, udah gw menunda untuk mencari kerja yang notabene orang tua gw “harus” memberikan gw kebutuhan pokok, gw malah meminta dan memohon sama mereka untuk bisa ikut program Student Exchange. Sebuah program pertukaran pelajar antar negara. Parahnya lagi itu menggunakan biaya sendiri. Jadi ya kebayanglah butuh berapa lembar uang 100rb-an supaya gw bisa ikut program itu. Tapi dengan kebaikan orang tua gw, akhirnya gw berangkat Student Exchange ke Turki dan menghabiskan waktu 3 bulan untuk “belajar” disana.

Diantara temen sepergaulan, mungkin gw merupakan salah satu yang paling nyeleneh dan semau gw. Setelah lulus banyak yang langsung rajin mengunjungi Job Fair (event untuk para fakir kerja). Gak sedikit juga hanya butuh waktu 2 bulan mereka udah mulai bekerja dan mendapatkan sedikit upah agar bisa membeli semangkuk nasi. Gw, dengan santainya mengurusi organisasi X dan tidak mendapatkan bayaran 1 sen pun. Sempet 2 bulan setelah lulus gw mendapatkan panggilan kerja disalah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dan gw menolak dengan alasan bayarannya yang diluar ekspektasi serta lagi-lagi dedikasi gw terhadap organisasi X.

1 tahun gw memilih jobless. Tepat di bulan Juni 2013, gw mendapatkan panggilan di perusahaan Telekomunikasi yang udah gw sebutkan diatas. Ga peduli dengan status karyawan yang hanya sebagai Outsourcing, gw dengan bangganya masuk dan bekerja di perusahaan tersebut kurang lebih 6 bulan. 6 bulan itu merupakan waktu gw untuk bisa sadar bahwa seorang Outsourcing di perusahaan tersebut sangat sulit mendapatkan kesempatan untuk menjadi pegawai tetap apabila tidak memiliki kemampuan yang outstanding. Jadi disela-sela kerjaan gw yang cukup “santai”, sudah pasti demi kemapanan dan masa depan yang cerah gw apply ke 100 perusahaan lain. Gosip di kantor yang menyebutkan akan banyak pegawai yang akan di PHK, membuat gw memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tersebut. Diawal bulan gw hengkang, gw menyesal karena walau dengan Curriculum Vitae (CV) yang bertuliskan “Perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia”, mencari pekerjaan tidak semudah menangkap Pokemon pada permainan Pokemon Go. Selama kurang lebih 4 bulan gw bekerja semerawutan. As long as I get money, I will do everything, tapi ga menjual diri juga. Dengan kerjaan yang seadanya tapi gaya hidup yang semaunya, membuat tabungan gw kian menipis. Hingga tiba dititik dimana gw udah ga ada tabungan dan hal yang tidak mungkin untuk meminta uang ke orang tua, gw mendapatkan panggilan di “Perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia” sebagai pegawai tetap. Awalnya gw ga begitu excited  dengan panggilan itu karena banyak pengalaman gw gagal tes dibanyak perusahaan ternama. Hanya berbekal bismillahirrahmanirrahim gw menjalani tes tersebut. Lancar. Tepat di bulan April 2014 gw resmi menjadi pegawai tetap. Senang? pastinya. Bangga? Jelas. Akan tetapi, penerimaan gw di perusahaan ini bukan akhir dari cerita hidup gw. Dengan diterimanya gw di salah satu perusahaan telekomunikasi terbaik di Indonesia justru awal mula kisah perjalanan hidup gw yang sampai detik ini masih menjadi misteri

Leave a Reply

