Motivasi Malam Ramadhan

selamat malam dan dini hari..
seperti biasa gw meng-update blog dikala orang sedang asik bermimpi, dikala orang sedang asik memanjakan badan mereka dengan kasur masing-masing..

mungkin banyak yang bertanya tentang apa yang gw lakukan sih jam segini (di jam kamar gw menunjukkan pukul 01.15 a.m). kalo hari-hari sebelumnya gw memang tidak melakukan apa-apa. secara tidak sengaja ada ide yang perlu dituahkan dalam bentuk tulisan sehingga gw memutuskan untuk menulis di blog kesayangan gw ini.

tapi kali ini, hari ini berbeda. gw sedang melakukan revisi Tugas Akhir dan berhubung nanti ingin mengobrol dengan pacar gw, gw memutuskan untuk tidak tidur sebelum waktu sahur datang.

ketika lo sedang melakukan sesuatu dan merasa sesuatu itu lebih bagus dari sebelumnya maka ada keinginan untuk merubah sesuatu itu. simpelnya, ketika hasil revisian Tugas Akhir lo lebih bagus dari sebelumnya, terpikirkan untuk mengulang kembali prosesi sidang Tugas Akhir. mungkin ini bukan buat lo, tapi lebih ke diri gw, dimana gw merasa hasil revisian gw saat ini jauh melebihi bagus dibandingkan pada saat hari sebelumnya saat gw “terbantai” pada prosesi sidang Tugas Akhir. sedang beristirahat sejenak sembari memikirkan beberapa hal yang memaksa gw untuk melihat kebelakang, memaksa gw untuk berjalan mundur, gw memutuskan untuk membuka salah satu social media.

digalaukan dengan ingin berjalan mundur, gw berusaha menghilangkan pemikiran itu dengan melakukan kegiatan surfing pada social media yang telah gw buka. melihat news feed dan seketika mata gw terfokus pada satu posting dari salah satu dosen yang cukup gw kenal. beliau mem-posting ucapan selamat kepada mahasiswa kampus gw yang telah melakukan prosesi Wisuda bulan Juli tahun 2012. dilihat sepintas, hanya seperti ucapan Selamat ataupun happy Graduation pada umumnya tapi pepatah bilang “Don’t judge a book by cover” dan itu benar adanya. ternyata dibalik ucapan Selamat dari dosen gw, ada pesan yang cukup panjang sehingga membuat gw sedikit penasaran untuk mengetahui isi pesan tersebut.

sekilas pesan tersebut cukup panjang, terdiri dari 5-6 paragraf. semacam mendapat anugrah untuk membaca pesan tersebut, akhirnya gw memutuskan untuk membaca. hanya dengan menggunakan metode “membaca koran” gw menemukan beberapa point penting dipesan ini dan seketika membuat pemikiran gw untuk mundur terhenti sementara. pesan itu mengingatkan akan kegalauan gw di hari H. gw baca perlahan, gw telaah, dan semua ucapan itu benar adanya seperti orang-orang bilang pada umumnya, dimana pada dunia kerja nanti kita, gw, dan lo ga akan bisa membedakan orang yang cumlaude ataupun tidak. semua layakanya bayi yang baru brojol dari perut emaknya, suci, bersih, dan tidak ada noda sedikit pun.

berikut adalah kutipan pesan yang cukup singkat tapi bermakna dari seorang Dosen Hebat di kampus gw :

Dear para wisudawan/i IT Telkom periode Juli 2012 yang berbahagia,

Kami keluarga besar CDC mengucapkan selamat wisuda kepada kalian semua🙂
Ada 3 pesan yang ingin kami sampaikan kepada kalian (2 pesan pertama diantaranya adalah titipan dari mas Gus Sophian alumni IF 93 dan 1 lagi merupakan fakta yang CDC temukan 3 tahun belakangan).

Pesan 1:Kesuksesan di dunia kerja tidak berkolerasi dengan kesuksesan kalian dulunya di perkuliahan. Sudah banyak contoh alumni baik di Industri Telco, IT atau pemerintahan yang ketika kuliah biasa-biasa saja atau malah sangat jelek performansinya, ketika di dunia kerja/karir malah melejit🙂. Pesan moralnya adalah lupakan semua kesuksesan atau ketidak suksesan kalian di dunia kerja, ketika kalian jadi alumni ya kalian mulai dari 0 lagi. Adapun skillset yang menentukan di dunia kerja adalah kemauan untuk tampil di depan, mengambil inisiatif, integritas, loyalitas dan yang paling penting kemandirian belajar meningkatkan kompetensi serta daya juang.

Pesan 2: Sebagai fresh graduate, jangan membranding harga diri kalian terlalu tinggi. Sebagaimana yang pernah dan sering diucapkan para alumni senior,”Skill apa sih yang anda punya sbg fresh graduate sehingga minta harga tinggi ?” Sikap sbg fresh graduate yang bagus adalah tidak mengejar salary atau take home pay.. tingkatkan dulu kompetensi anda pada beberapa siklus projek teknikal. Setelah anda melewati beberapa teknikal projek itu dan mengalami peningkatan kompetensi maka harga
diri anda akan meningkat juga🙂

Pesan 3: Tingkatkan kepercayaan diri kalian ketika kalian dicemplungkan di komunitas kerja yang beragam (ada alumni dari banyak perguruan tinggi tidak hanya ITT saja). Pada awal tahun 2012, Ericcson melakukan rekrut di CDC IT Telkom. Salah satu tahap tes terakhir adalah Focus group Discussion (FGD). Topik FGD kali ini adalah tentang Outsourcing di China dan India. Peserta tes 50an ITT dan ada sekitar 8-10 alumni ITB. Alumni ITT yg ikut tes kebetulan sudah experienced 1 tahun di industri dan aku tahu mereka softskillnya bagus juga. Alumni ITB fresh graduate. Pada pelaksanaannya 60 org ini dibagi atas grup kecil dan otomatis 1 grup beranggotakan maks 10 orang
dengan komposisi ITT 8, ITB 2. Di setiap grup yang terjadi adalah diskusi didominasi alumni ITB. Mereka memegang kendali arah diskusi. Padahal kalau aku lihat mereka tdk selalu benar dalam mengemukakan pendapat, banyak juga pendapat yang ngawur. Tapi karena PD mereka tinggi, walaupun ngawur tetap kelihatan keren🙂.
Kenapa itu semua terjadi ? secara hardkill, alumni kita yang ikut FGD lebih experienced, softskill mereka juga bagus. Tapi kekurangan alumni kita adalah tidak berani outspoken (banyak atau berani ngomong) di lingkungan yang sudah bercampur (tidak murni anak ITT saja). Alhasil, semua alumni ITB dipanggil interview user, sedangkan beberapa alumni ITT gugur😦.
Oleh karena itu, kami mengusulkan kepada fresh graduate juli 2012 ini untuk meninggalkan semua sikap diam, pasif, tunggu dulu. Gantikan lah dengan sikap aktif, berani memulai diskusi, berani ngawur dan aktif memegang kendali.
Ingat, kalau di perkuliahan atau ketika mengerjakan tugas akhir kita harus melakukan semuanya atas dasar riset ilmiah / paper /text book. Tapi, ketika kalian diminta untuk bergabung di dalam tim dalam melakukan pekerjaan, maka sekalipun kalian baru membaca beberapa halaman ttg sebuah topik beranikanlah diri kalian untuk memulai mendominasi tim tsb.

Tips dari CDC biar PD kalian meningkat: tingkatkan kompetensi IT / Telco anda, perbanyaklah bergaul dengan komunitas non ITT, bacalah biografi orang2 yang mendominasi tim, menggerakkan tim kayak buku biografi steve job misalnya. Dan pelajari tipe kepribadian kalian. Apakah kalian termasuk orang Dominant, Influence, Steady atau Compliance? setiap tipe punya cara sendiri dalam menggerakkan tim.

Sekian adik2, hanya 3 pesan itu yang kami bisa berikan. Doa kami, semoga kalian bisa mengharumkan nama almamater IT Telkom di dunia karir dan tunjukkanlah kepada dunia industri bahwa alumni IT Telkom adalah yang terbaik di bidang IT dan Telco !
Jayalah IT Telkom !

Trims.
Kemas Rahmat SW dan CDC IT Telkom

setelah membaca pesan diatas, keyakinan gw untuk maju kembali bangkit. rasa percaya diri yang tinggi kembali tumbuh dalam diri gw saat ini, gw merasa siap untuk masuk ke hutan belantara kehidupan. tidak masalah tulisan ataupun hasil revisi Tugas Akhir gw jauh lebih bagus dari sebelumnya. bagian terpenting saat ini bukanlah kita mengenang masa lalu dan terus menyesalinya, akan tetapi jadikanlah masa lalu sebagai bahan pembelajaran hingga tidak terulang di masa yang akan datang.

sebuah pesan singkat dari seorang Ayah “Tidak masalah apapun hasilnya, perbaiki saja kesalahan yang ada dan jadikan pembelajaran serta bekal untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, dunia tidak akan hancur ketika kamu gagal di 1/1000 bagian kehidupan”. ya Dunia ini Memang Terlalu Indah untuk Disesali.

Selamat Malam Kawan🙂

Leave a Reply

